15 November 2013

Review kali ini tentang action figure Tony Stark dan Iron Man Mark 42 buatan Hasbro berukuran 3,75 inchi. Dua figure ini sebenarnya dijual dalam satu paket Amazon exclusive Iron Man 3 Hall of Armor yang berisi 6 figur (figur yang lainnya adalah Mark 1, Mark 2, Mark 3, Mark 6), kebetulan saya mendapatkannya dari seller lokal yang menjualnya per figur. Sebenarnya saya kurang menikmati film Iron Man 3, cerita yang agak ajaib dan kalau sebagai fans dari komiknya, film Iron Man 3 merupakan penghujatan buat cerita Iron Man. But anyway sebagai kolektor action figure-nya tetap harus koleksi juga, dan kita mulai aja review nya.  



Untuk Tony Stark nya secara umum sculpt kepala dan wajah cukup mirip dengan Robert Downey Jr, rambut berombak, kumis, jenggot cukup mirip untuk ukuran 3,75 inch. Kaos yang dipakai juga cukup autentik dengan kaos yang dipakai Tony di film Iron Man 3 hanya sayang arc reactor chest nya tidak meyakinkan seperti aslinya sehingga hanya seperti gambar sablonan di kaos, untuk detail cat rapi tidak ada bleeding cat.

Untuk Iron Mark 42 cukup detail dalam sculpt dan cat nya, sebagai perbandingan ini seperti Mark 42 ukuran 6 inchi yang diperkecil menjadi ukuran 3,75 inchi. Tangan kanan terbuka seperti akan menembak dan tangan kiri terkepal seperti tinju. Detail cat sangat bagus terlihat kombinasi warna merah dasar dengan warna emas metalik dan ada beberapa tambahan detail warna metal di beberapa bagian.

 

Berita bagus di bagian artikulasi, body yang digunaan sebagai dasar untuk Tony Stark adalah body dasar GI Joe sehingga Tony memiliki artikulasi sama seperti figur basic GI Joe. Untuk Mark 42 merupakan body buatan yang baru, dibandingkan dengan seri Assembler yang hanya punya 5 titik artikulasi maka versi ini memiliki lebih dari 16 titik artikulasi.

Secara keseluruhan dua figure ini merupakan figure yang layak dikoleksi, merupakan "must have" untuk kolektor figure Iron Man khususnya yang berukuran 3,75 inchi, Mark 42 merupakan figur yang bisa mengobati kekecewaan dari figure Mark 42 seri Assemblers dengan artikulasi dan sculpt lebih bagus, hanya satu kekurangannya yaitu "shoulder pad" yang kaku dan menghalangi sendi bahu untuk bergerak ke samping.

Kesimpulan untuk figure Tony Stark? well sebenarnya untuk figure ini tidak banyak keluhan, hal yang terbaik adalah sculpt wajah yang mirip dengan Robert Downey Jr dan baju yang mirip seperti yang digunakan di film, kelemahan dari figur ini adalah : barang exclusive dengan harga yang cukup mahal, but it's Tony Stark figure.


Sebagai tambahan kepala dari Tony Stark dapat digunakan sebagai variasi unmasked dari figure Iron Man, dapat digunakan di figure Iron Man Mark 6 dan Mark 7 dari seri The Avengers movie, kemudian Iron Man Extrimist dan Bledding Age seri Marvel Universe. Kepala Tony tidak dapat dipasang di figure dari seri Iron Man 2 dan Mark 42 karena pasak joint di kepala terlalu besar. 

(By Stephanus Harjanto)


1 Komentar:

queen_cassowary mengatakan...

Ini baru contoh figure yg mantap! Meskipun mukanya tidak terlalu mirip tqpi sorot matanya sudah sangat menyerupai Robert Downey Jr. Detail dan penting sekali!