16 April 2014
Hobby Solution kembali dengan review action figure dengan film yang sedang trend saat blog ini ditulis, Marvel Legends Captain America The Winter Soldier : Captain America.



Di film Captain America The Winter Soldier, Captain America mengenakan 2 macam kostum : kostum original yang dipakai saat perang dunia ke dua dan kostum figure ini yang digunakan saat dia bergabung dalam SHIELD, diinspirasi dari kostum Commander Steve Rogers versi komik. 



Sebelumnya saya pernah me-review figure versi 3,75 inch nya (Klik disini untuk melihat reviewnya), untuk figure ukuran 6 inchi ini lebih detail dan mirip dalam bidang warna dan sculpt juga terdapat perbedaan kepala, untuk figure ini mendapat kan dua macam kepala yaitu kepala tanpa helm dan kepala dengan helm, selain itu karena ukuran yang lebih besar maka kostum Capt lebih terlihat detail dari segi sculpt dan warna, di kostum terlihat jelas lekukan baju dan teksturnya seperti baju modern yang berlapis kevlar. Untuk detail cat terlihat cukup rapi saya tidak menemukan cat yang kelebihan dan salah cat di kostumnya.



Seperti yang bisa dilihat di foto di bawah ternyata ada semacam lambang bendera amerika di pundak sebelah kiri dan juga terdapat tulisan "Rogers" yang cukup detail dan rapi, Hasbro cukup detail untuk figure ini. Untuk bagian perut dan paha juga terdapat bagian yang dicat hitam memperlihatkan tekstur yang detail dari kostum Capt. 


Untuk bagian kepala, seperti yang saya bahas tadi figure ini mendapatkan 2 macam kepala yang dapat dipasang dan dicopot dengan mudah (hati-hati untuk tidak terlalu sering mencopot bagian kepala, karena bisa menyebabkan artikulasi menjadi loncer). Kedua kepala ini detailnya cukup bagus, tidak ditemukan salah cat atau kelebihan cat, sculpt wajah tidak mirip dengan aktor Chris Evans tapi wajahnya sudah cukup mewakili Steve Rogers , bentuk wajah dan sorot matanya sempurna, ukuran kepala simetris dengan ukuran badannya, dan detail matanya tidak juling. 


Selain mendapatkan dua kepala, figure ini juga mendapatkan sepasang tangan tambahan. Tangan yang didapatkan figure ini adalah sepasang tangan terkepal, kemudian satu tangan kanan membentuk hormat prajurit dan satu tangan kiri dengan telunjuk terangkat. Untuk tangan kanan salut seperti di foto di bawah sangat cocok untuk pose hormat, ini juga berkat artikulasi jenis double joint di siku tangan sehingga tangan dapat dilipat dengan leluasa hingga ke atas, ini pose yang paling saya sukai dari figure ini.    


Untuk asesoris figure ini mendapatkan 4 asesoris yaitu : kepala tambahan, sepasang tangan tambahan dan yang pastinya tameng. Warna tameng figure ini sama dengan figure ukuran 3,75 inch nya, biru tua dengan perak metalik, tameng ini memiliki pegangan yang dapat dipasang ke tangan bukan jenis clip-on seperti tameng Captain America Marvel Now! (Hasbro, please jangan gunakan clip-on di tameng untuk next figurenya, it looks hideous). Untuk detail cat tameng ini tidak terlihat seperti metal masih terkesan seperti plastik tapi karena fungsi dari kostum ini adalah operasi stealth yah masih masuk akal untuk warna seperti ini. 


Pada bagian artikulasi figure ini memilki artikulasi standard Marvel Legends, total artikulasi figure ini adalah 23 titik, dengan artikulasi sebanyak ini figure ini cukup dapat digerakan untuk berbagai pose, sedikit saran jangan terlalu memaksa apabila artikulasi nya terlalu keras karena bisa menyebabkan sendinya patah atau copot, gerakan dengan hati-hati dan perlahan.  


Sebagai penutup, saya sangat menyukai figure ini, saya menyukai kostumnya yang terlihat simple tapi membawa kesan Capt yang modern siap tempur, kostum ini bukan kostum utama Capt di film karena Capt kembali menggunakan kostum asli perang dunia 2 nya, tapi ini kostum yang paling berkesan di filmnya. Figure ini mungkin tidak memiliki sculpt yang hampir sempurna sekali seperti figure Hot Toys atau Marvel Select, tapi bagi saya figure ini sudah cukup sempurna untuk kostum ini. 

Terima kasih sudah membaca review saya, demikian review kali ini dan sampai jumpa pada review berikutnya, keep collecting.

(Figure owned and reviewed by Stephanus)    

0 Komentar: