8 April 2014
Halo, ketemu lagi untuk review action figure, kali ini saya akan mereview action figure dari film Thor The Dark World - Thor Battle Hammer.


Figure ini merupakan bentuk baju formal atau baju casual Thor, dengan memakai tambahan jubah biru yang dipakai seperti toga, jubah ini bisa dilepas (harus mencopot kepala terlebih dulu) dan Thor siap untuk bertempur. Pertama saya melihat figure ini sebenarnya kurang tertarik juga saya berasumsi negatif tentang figure Marvel movie yang biasanya berukuran lebih kecil dan berartikulasi minim, namun saya beli juga karena tertarik dengan sculpt kepalanya, setelah saya memegang dan melihat secara fisik ternyata asumsi saya keliru.


Figure terlihat keren dengan jubah birunya, sebenarnya jubahnya agak berbeda dengan yang di film, jubah yang digunakan di film lebih panjang hingga menutupi kedua tangan, tapi di figure ini karena bahan jubah yang digunakan adalah plastik karet bukan kain maka potongannya tidak sampai menutupi tangan Thor supaya bisa digerakan bebas (untuk tangan kiri), perbedaan  ini malah tidak mengganggu malah menambah kesan Thor selain bisa berpesta dan bersantai tapi masih bisa bertarung dengan gaya.



Kemudian kalau jubahnya dilepas maka tampilan kostum dasar Thor tanpa jubah merah di belakangnya dan lengan baju. Pada bagian punggung terdapat lubang yang bisa dipakai untuk memasukan jubah merah dari figur Thor movie yang pertama. untuk sculpt figure ini cukup bagus, tinggi figure ini yang saya pikir bakal lebih pendek ternyata salah, tinggi figure ini cukup proposional, lebih tinggi dari figure standard Marvel Universe dan sebanding dengan tinggi figure Marvel Universe Modern Thor, hanya perbedaan besar badan yang sepertinya mengikuti proposional badan aktor Chris Hemsworth. Untuk detail cat kostum sangat bagus dan detail, setiap detail kostum Thor tercat dengan bagus tidak ditemukan salah cat dan kelebihan cat, detail cat terbaik ada di gelang tangan Thor warna perak metal dikombinasi dengan warna emas kemudian cat merah untuk kain di bawah gelang.  



Untuk detail wajah cukup bagus, hampir menyerupai wajah aktor Chris Hemsworth, dengan sorot mata yang cukup mirip, muka figure ini memang tidak garang mungkin karena tema kostum nya merupakan baju formal atau santai, tapi cukup mewakili karakter Thor dari filmnya, ini juga terlihat dari tatanan rambut yang rapi diikat ke belakang.


Untuk figure ini hanya ada asesoris (dan untungnya tidak ada senjata per maha gede seperti line movie pertama dan The Avengers movie) yaitu mantel biru dan palu. Untuk matel biru nya terbuat dari bahan plastik karet yang agak lentur tapi tidak selentur kain jadi cukup keras dan tebal, kemudian palu Mjolnir senjata andalan Thor, kepala palu berbahan plastik yang cukup keras dan pegangannya berbahan plastik yang agak lentur, palu ini sangat cocok dikenakan di tangan Thor, ukurannya pas dengan tangan dan tidak terlihat terlalu kecil atau besar di tangan thor.


Nah kemudian kita berbicara tentang kesalahan asumsi saya yang ke dua, artikulasi. Sejak kemunculan figure The Avengers movie yang memiliki artikulasi minim kemudian disusul dengan figure Iron Man 3 yang notabene hampir tidak ada artikulasi maka saya berasumsi yang sama dengan figure ini, ternyata saya salah besar. Meskipun figure ini tidak memiliki artikulasi di bagian badan, tapi figure ini memiliki 15 titik artikulasi, jauh lebih banyak dari figure Thor dari The Avengers movie. Ini benar-benar diluar dugaan, Thor ini memiliki titik artikulasi di kepala, pundak, siku tangan, pergelangan tangan (kejutan #1), paha atas, double joint di lutut (kejutan #2) dan terakhir joint jenis rocker joint di bagian tumit kaki (kejutan #3). Thor bisa bergaya dengan baik tapi nilai kurangnya tidak ada artikulasi di bagian badan (tapi sculpt badannya bagus).


Untuk nilai keseluruhan figure ini saya memberikan nilai 8 dari 10, figure ini bisa saja mendapat nilai 9 tapi karena tidak ada artikulasi di badan yang mengurangi penilaian saya. Buat kolektor figur Thor figure ini layak dikoleksi, dengan sculpt yang bagus, artikulasi yang cukup banyak, dan potensi untuk bisa disempurnakan lagi dengan menambahkan jubah merah. Line figure Thor The Dark World ini cukup mengejutkan dari Hasbro,dengan jumlah figure yang tidak banyak dari line ini bahkan Hasbro tidak melanjutkan membuat figure-figure lain dari film ini (saya sebenarnya mengharapkan figure tentara Asgard) mungkin dengan perhitungan takut rugi seperti figure Iron Man 3, tapi kali ini Hasbro memberikan kualitas daripada kuantitas. Figure yang ada di line ini : Armored Thor, Dark Elf, Kurse, dan Loki.

Demikian review ini, saya berharap figure Thor, Captain America, dan Iron Man yang lebih baik di film Avengers 2 : Age Of Ultron, sampai jumpa lagi, Keep Collecting.

(Figure Reviewed and Owned by Stephanus)




0 Komentar: