12 Maret 2014
Kembali lagi untuk review action figure terbaru dari film Captain America The Winter Soldier, figur ukuran 3.,75 inchi Grapple Cannon Captain America.



Figure ini saya dapatkan tanpa box jadi saya tidak mendapatkan senjata grapple cannon, tapi untungnya saya mendapatkan tamengnya (saran saya kalo mau membeli figure ini yg lus, cari yang ada tamengnya, it really help). Kostum Captain America di film ini kali ini mengambil konsep dari komik, kostum yang dipakai Steve Rogers ketika masih menjadi pimpinan SHIELD, tapi di film kostum ini merupakan kostum stealth operation yang seharusnya lengkap dengan helm khas Captain America untuk figure ini tidak ada versi menggunakan helm, dan kemudian tameng yang berwarna biru dan perak tidak mengkilat (karena digunakan untuk operasi stealth.


Well mari kita mulai review figurenya, seperti yang bisa dilihat dari gambar di atas, saya gak tau harus berkata apa, this is a terrible sculpt, pertama adalah bagian badan yang berukuran tidak normal (tambun) dengan tangan dan kepala yang kecil tidak sebanding dengan badannya. Untuk bagian kaki memang sudah cukup sesuai dengan badan tapi kurang panjang sehingga Capt terlihat seperti strong man midget dari sirkus, memang kalo dilihat dari samping tidak terlalu terlihat jelek (not bad malah) tapi nampak depannya sangat tidak enak dilihat, inilah alasan saya menyarankan mencari figur dengan tameng atau apabila ada ekstra tameng dari figur lain pergunakan tameng untuk menutup bagian badan, ini sangat membantu.


Untuk detail cat di kostum cukup bagus, warna silver yang ada di bagian tercat dengan baik bahkan warna coklat untuk bagian sabuk pinggang, sabuk pundak, sarung tangan dan sepatu boots. Yang kurang adalah detail cat di bagian kepala, karena saya mendapatkan figur ini lus maka wajar ada beberapa cacat cat di bagian hidung dan pipi tapi saya yakin tidak semua figure mengalami hal yang sama, kemudian untuk warna kulit muka agak terlalu coklat, nampak seperti Capt habis berjemur di matahari terlalu lama seharusnya kulit muka lebih pucat lagi.

Untuk detail wajah sebenarnya mukanya tidak terlalu mirip dengan aktornya Chris Evans, bisa dilhat di perbandingan gambar di bawah, untuk warna rambut sudah cukup sama, tapi tidak benar - benar mirip, untuk sculpt wajah yang tidak mirip Chris Evans ini juga terjadi di versi 6 inchi, versi yang tidak memakai helm, juga wajahnya tidak mirip dengan Chris Evans. Kalau menurut pengelihatan saya dari beberapa sisi lebih mirp wajah mendiang Paul Walker, tapi sculpt kepala ini cukup bagus dan cukup mewakili Steve Rogers.


Untuk asesoris cukup menggembirakan, saya tidak mendapatkan asesoris grapple cannon tapi saya dapat tameng birunya, bahan tameng ini lebih lunak dari tameng yang digunakan versi Marvel Universe, bahannya tidak terlalu soft tapi bisa ditekuk, untuk perisai ini saya menyarankan agak tidak terkena panas karena bahannya yang soft, yang menggembirakan dari tameng ini pertama adalah warnanya yang unik biru dan perak karena digunakan oleh Capt untuk operasi stealth dan yang kedua adalah digunakannya pegangan di tameng yang bisa diselipkan di tangan bukan menggunakan clip on yang seperti dipakai di Marvel Universe, jadi tameng ini bisa mantap dikenakan di tangan tanpa harus takut jatuh atau patah seperti clip on.


Dan kemudian kita melihat artikulasi figure ini, sama seperti figure - figure Hasbro untuk film - film Marvel, artikulasi semakin berkurang. Figure ini hanya memiliki 9 titik artikulasi, di bagian kepala, pundak, siku tangan, pangkal paha dan lutut, tapi yang menghibur setidaknya jenis engselnya semua adalah balljoint, jadi bisa digerakan ke kiri kanan dan atas bawah. Sama sekali tidak membantu untuk figure ini. 


Apakah skala dan tinggi figure ini sama dengan figure 3,75 inch Marvel Universe atau GI Joe? jawabannya tidak, figure ini jauh sangat kecil dan pendek dibanding mereka, yang menolong figure ini adalah cukup tinggi untuk bisa disandingkan dengan figure Winter Soldier movie (foto - foto perbandingannya dapat dilihat di bawah).

Akhir kata buat saya figure ini memiliki nilai 5 dari 10, secara bentuk sangat mengecewakan saya tidak tahu apa yang ada dipikirkan oleh desainer Hasbro ketika mendesain figure ini, this is terrible and shameful buat Hasbro untuk memproduksi produk seperti ini, bagaimana pun juga Hasbro juga memang memproduksi ini sebagai mainan anak - anak jadi ya saya juga melihat figure ini dari play value nya. Secara mainan memang figure ini cukup bagus untuk dimainkan, untuk di foto dari samping masih cukup keren apalagi kalau ditambah tamengnya, ingat selalu pasangkan tamengnya itu sangat membantu sekali. Saya tidak bisa merekomendasikan figure ini karena memang bentuk nya yang seperti itu tapi setidaknya bagi yang hobi mengkostumisasi figure bisa menggunakan kepala atau bagian badan yang lain atau kalau tidak ya mainkan saja sebagai mainan seperti saya.

Itu saja yang bisa saya review dari figure ini, keep collecting.

(Figure owned and reviewed by Stephanus)


0 Komentar: