17 Februari 2014
Setelah teman saya Gudang Hobby mereview Robocop 3.0 ukuran 3,75 inch, sekarang giliran saya akan mereview Robocop 1.0 ukuran 3,75 inchi buatan Jada Toys.


Apabila teman-teman sudah menonton film Robocop (versi remake 2014 yang baru, bukan yang versi original tahun 1987), Robocop 1.0 merupakan versi prototype awal kemudian diganti ke versi 3.0 warna hitam. Kalo pendapat saya warna 1.0 silver dan hitam merupakan versi terbaik dari Robocop saya bingung kenapa pembuat film malah membuat robocop menjadi warna hitam, tapi saya gak ambil pusing bagi saya 1.0 adalah versi Robocop yang terbaik.

Warna versi 1.0 merupakan paduan antara warna hitam dan silver metalik, dulu saya berpikir perbedaan figure 1.0 dengan 2.0 hanya di catnya, ternyata Jada Toys membuat dua versi ini dengan dua sculpt yang berbeda, jadi sebelum anda berpikir dua figure ini sama hanya beda cat silahkna dlihat dulu baik-baik. 
Kemudian untuk cat detailnya saya juga pertama berasumsi akan banyak salah cat, cat yang kurang rapi, dsb. Ternyata sekali lagi saya salah, detail cat nya sangat bagus untuk figure ukuran 3,75 inchi, antara cat silver dan hitam dicat sangat rapi saya tidak menemukan cat yang salah atau cat yang meleber, semua rapi bahkan di bagian perut yang berwarna hitam tampak sedikit bagian cat silver yang sangat rapi, saya salut dengan kualitas Jada toys. Bahkan cat di bagian telapak tangan kanan yang berwarna kulit dicat dengan rapi (sedikit tips, apabila cat di telepak tangan kanan terkelupas atau pudar bisa dicat warna hitam).
Untuk detail bentuk figure ini sangat bagus, figure ini memiliki banyak lekuk dan bentuk yang sesuai dan rapi, tiap detail versi 1.0 ini terbentuk dengan baik dan secara keseluruhan besar anggota badan semuanya sesuai dengan skalanya, tidak ada bentuk yang lebih besar atau lebih kecil.

Untuk detail bagian kepala, bentuk bagian kepala atas buat seperti helm gabungan warna silver dan hitam, bagian samping kiri dan kanan gabungan warna hitam dan silver dan bagian depan warna silver dan di bagian mata ada lekukan kecil warna merah yang merupakan visor atau pelindung bagian mata. Semua bagian tampak rapi hanya satu kekurangan yaitu di bagian mulut, mulut Robocop tidak kelihatan sama sekali bahkan sekilas seperti Robocop tidak ada mulutnya, tapi kalo dilihat lagi secara jelas sebenarnya ada bagian mulutnya, tapi karena mungkin terlalu kecil dan tidak di cat lebih detail maka terlihat seperti Robocop tidak memiliki mulut. (Hal ini juga sama di figure ukuran 6 inchi nya, saya membaca beberapa review dan melihat foto dari figure 6 inchi nya memang bagian mulut tidak terlihat jelas). Secara keseluruhan untuk bagian kepala semua tercat dengan rapi dan sesuai dengan karakter aslinya.


Asesoris dari figure ini adalah satu pistol taser dan satu sub machine gun, untuk pistol taser nya cukup bagus bentuk dan cat nya tapi untuk sub machine gun nya agak mengecewakan bentuknya yang kurang mirip dengan aslinya, tapi cukup bagus untuk detail cat bagian belakang dan tulisan OCP yang sangat kecil di bagian peluru. Untuk pistol taser sudah cukup mirip dengan aslinya dan ditambah dengan detail cat yang sangat rapi. 


Untuk bagian artikulasi agak mengecewakan bagi penggemar artikulasi banyak, artikulasi untuk figure ini hanya berjumlah 9 titik. Letak sendi artikulasi terletak di bagian leher kepala, pundak, siku tangan, pangkal paha, dan lutut kaki, sendi ini sama seperti figure film Marvel buatan Hasbro mungkin strateginya sama lebih mementingkan bentuk sculpt figur yang bagus dan mengorbankan artikulasi, tapi dengan sculpt figure yang bagus seperti ini saya masih bisa mengabaikan kekurangan artikulasi. Sedikit catatan untuk sendi bagian pangkal paha, mungkin kalau teman-teman baru membuka figure ini akan mendapatkan sendi di pangkal agak longgar tidak serapat sendi lainnya, tidak perlu kuatir karena semua figure memang agak longgar sendinya di bagian itu tapi sebenarnya sendi itu tidak ada yang patah, itu normal.  


Kemudian kembali lagi ke perbedaan antara versi 1.0 dan 3.0, foto di bawah ini saya perlihatkan versi 1.0 dan 3.0 berdiri berdampingan. Untuk tinggi dua figure ini sama tingginya, keduanya dapat senjata yang sama, perbedaan yang pertama kali adalah warna kemudian kalau dilihat lebih jelas lagi keduanya memiliki perbedaan bentuk kepala, badan, tangan dan kaki. Fenomena yang terjadi di perdagangan action figure yang saya lihat saat ini, untuk figure versi 1.0 lebih laku, ini mungkin karena bentuk dan warna yang lebih menarik dan sesuai dengan versi originalnya sehingga banyak fans yang lebih membeli versi 1.0 daripada 3.0, padahal versi 3.0 seharusnya adalah versi yang lebih banyak muncul di film dan bentuk default di film, tapi either way dua versi ini sama-sama bagus dalam detail dan bentuk.     


Akhir kata untuk figure ini saya cuma bisa bilang "it's awesome and highly recommended", banyak pabrik pembuat action figure yang membuat figure ukuran 3,75 yang semakin "asal bikin" yang penting menghasilkan banyak uang, tapi masih ada pabrik yang mau membuat  figure yang benar-benar bagus, untuk Jada toys saya salut untuk figure Robocop ini, saya berharap mereka masih meneruskan membuat figure musuh Robocop yaitu ED 209 dan ED 208, semoga saja. Dan paling akhir ada beberapa foto perbandingan Robocop dengan figure ukuran 3,75 inchi buatan Hasbro, sepertinya skala Robocop sedikit lebih kecil dari skala Hasbro, Rococop agak terlihat kecil dibanding dengan figure Marvel Universe dan GI Joe, terlihat imbang dengan figur Star Wars, ada kemungkinan juga karena desain badan Robocop yang sekarang lebih slim dibanding versi originalnya.

Demikian review saya kali ini, sampai jumpa pada review berikutnya, keep collecting.

(Reviewed by Stephanus)

0 Komentar: