6 Februari 2014
Saya kembali dengan review terbaru dari Hobby Solution, figur yang akan saya review adalah Star Wars Black Series Han Solo ukuran 6 inchi buatan Hasbro.




Sejak tahun 1977 saat film Star Wars pertama kali diputar, action figure Star Wars selalu ada pada ukuran 3,75 inchi dan 12 inchi, sampai tahun 2013 kemarin Hasbro akhirnya merilis figure Star Wars ukuran 6 inchi. Langkah Habsro ini sebenarnya sudah ditunggu para kolektor figure 6 inchi sejak lama, baru setelah Habsro seperti kehilangan kreativitasnya di lini 3,75 inchi akhirnya mereka membuat lini 6 inchi.




Oke kita mulai review figurenya, desain figure ini sepintas mirip dengan versi ukuran 3,75 inchi dengan penambahan detail dan lebih banyak sendi artikulasinya. Figure ini merupakan representasi kostum Han Solo di film Star Wars episode 4 A New Hope, kemeja putih, dengan rompi hitam (rompi ini merupakan bagian yang terpisah dan dapat dilepas tapi tidak gampang lepas), celana biru tua dengan garis merah di sisi samping, sepatu boots tinggi, dan yang terakhir sabuk pistol warna coklat yang dapat dilepas. Detail cat dan sculpt untuk kostum cukup bagus tidak ditemukan cacat atau kesalahan cat. Kesalahan cat yang harus diperhatikan adalah warna kulit di bagian leher dan dekat pergelangan tangan, saya menemukan beberapa bintik hitam seperti cat mengelupas di bagian leher, untuk bagian pergelangan tangan warna kulit tidak sama dengan warna kulit telapak tangannya, tapi ini tidak mempengaruhi banyak.


Untuk detail muka figure ini bisa dikatakan lebih menyerupai karakter Han Solo daripada Harrison Ford, detail rambut yang berombak dan tidak ditemukan kesalahan cat atau kurang cat di bagian rambut. Untuk wajah khususnya mata memang agak sedikit aneh, bola mata nya ada di atas tapi ini menunjukan kesan arogan Han Solo yang sesuai dengan karakternya di film episode 4. Detail wajah cukup bagus meskipun tidak mirip dengan Harrison Ford tapi sudah cukup jelas ini Han Solo.









Untuk asesoris figure ini sudah cukup lengkap untuk Han Solo versi episode 4, yaitu : 1 blaster pistol khas Han Solo, 1 blaster rifle Stormtrooper, 1 sabuk Stormtrooper untuk pengganti, dan 2 telapak tangan pengganti dengan cat sarung tangan. Saya bilang asesoris ini kurang lengkap karena tidak ada headset yang digunakan Han ketika dia menjadi pilot di Millenium Falcon, tapi asesoris ini sudah sangat membuat saya exciting. Sabuk pistol Han bisa diganti dengan sabuk Stormtrooper jadi bisa berganti tema Han yang sedang berusaha kabur dari Death Star. Tangan pengganti bisa digunakan sebagai pengganti tangan Han membuat seolah-olah tangan Han menggunakan sarung tangan. Sculpt detail untuk pistol sangat bagus dan cat detailnya terlihat seperti metal, sedangkan untuk blaster Stormtrooper nya masih terlihat seperti plastik karena tidak dicat.




Dan sabuk-sabuk ini ternyata ada tempat untuk bisa menyimpan pistolnya masing-masing, dan seperti terlihat di gambar di bawah di sabuk coklat Han bahkan ada kancing pengaman supaya pistol tidak jatuh, dan di sabuk Stormtrooper ada tempat yang pas untuk menyimpan blaster Stormtrooper  



Ke bagian artikulasi, figure ini memiliki 20 titik artikulasi dengan letak hampir sama dengan artikulasi figure Marvel Legend buatan Hasbro juga, tampaknya Hasbro punya aturan baku untuk artikulasi figure ukuran 6 inchi mereka. Figure ini memiliki detail yang lebih baik dan jumlah artikulasi yang lebih banyak dari figure ukuran 3,75 inchi nya.


Sebagai kesimpulan akhir untuk figure ini sudah sangat bagus untuk ukuran 6 inchi, dengan asesoris yang banyak, sculpt detail yang bagus untuk karakter Han Solo, dan playable time yang cukup banyak dengan banyaknya asesoris yang dapat diganti - ganti. Yang belum mendapatkan figure ini masih ada kesempatan untuk memilikinya karena Han Solo akan dirilis ulang di wave 3, yang membuat saya agak menyesal adalah tidak mendapatkan figure Boba Fett nya, tapi ya bersyukur juga saya bisa berhemat untuk figure yang lain, sampai ketemu di review berikutnya, keep on collecting.

(Figure reviewed and owned by Stephanus)

0 Komentar: