25 Februari 2014
Hai kita berjumpa lagi untuk review action figure, kali ini adalah DC Multiverse Arkham City Batman Armored Batsuit ukuran 4 inchi buatan Mattel.


Bukan pertama kalinya Mattel membuat action figures ukuran 3,75 - 4 inch untuk karakter dari DC Comics, tapi dari segi kualitas desain dan artikulasi kurang memuaskan para kolektor, sampai akhirnya Mattel membuat line DC Comics Multiverse yang menurut tulisan di kotaknya "For Adult Collector" dan ditambah embel-embel "Highly Detailed & Authentic", mari kita lihat apakah Mattel mampu memenuhi janjinya. Untuk line ini merupakan action figure yang di adaptasi dari video game Batman Arkham City, ada dua jenis Batman yaitu Batman dengan kostum versi reguler dan Batman versi armored batsuit, kemudian ada tambahan 4 karakter lagi : Bane, Mr. Freeze, Azrael, dan Deadshot. Saya akhirnya memutuskan untuk membeli Batman versi armored batsuit karena yang versi reguler terlalu biasa buat saya, versi armored ini terlihat seperti lebih spesial buat saya, mari kita lihat detail figure ini.


Kostum Batman ini memiliki warna dasar hitam dengan tambahan armored berwarna perak metalik di bagian badan, tangan, paha dan lutut. Saya agak kesulitan mendapatkan referensi gambar asli dari Batman versi ini tapi versi ini agak mirip dengan Batman versi New 52 dan versi Injustice. Untuk detail warna paduan warna hitam dan warna metalik sangat cocok dan memberi kesan Batman menggunakan armor tambahan di atas kostum biasanya. Detail cat cukup bagus untuk di bagian badan, tangan dan kaki tidak ditemukan kesalahan cat.



Untuk bagian kepala agak mengecewakan saya, kepalanya terlalu kecil buat ukuran badannya, hal ini sama dengan figure ukuran 6 inchi nya bentuk kepalanya terlalu kecil. Untuk bentuk mukanya sebenarnya cukup detail, bola mata hitam Batman terlihat jelas dibandingkan dengan figur Batman biasanya yang hanya mencat putih bagian mata, kerutan mulut dan hidung terlihat cukup jelas dengan warna kulit yang tercat dengan jelas. Kemudian bagian badan terlihat sabuk Batman atau the utility belt, berwarna coklat tua terlihat jelas dan keren di pinggang Batman, utility belt merupakan salah satu senjata utama Batman dalam setiap pertarungan atau penyelidikan lapangan, sabuk ini tidak dapat dilepas kecuali dengan dipaksa dengan dipotong. Bagian penting dari Batman adalah 'cape' atau jubah Batman, jubahnya terbuat dari plastik ringan yang sudah dibentuk, jubah ini tidak dapat dicopot karena sudah tertempel erat dengan bagian punggung. 


Untuk bagian tangan, Batman menggunakan sarung tangan dengan semacam alat gadget di dalamnya, sarung tangan ini tampaknya merupakan semacam taser / alat pemukul beraliran listrik karena adanya asesoris berupa efek kilatan listrik dan di sarung tangan sebelah kiri terdapat semacam layar kecil seperti alat radar detektor atau alat komunikasi? (Saya belum pernah memainkan video game nya jadi tidak paham dengan gadget yang digunakan Batman di video game)


Sebelumnya saya sudah membahas tentang asesoris figure ini yang berupa dua efek listrik yang dapat dikenakan di ke dua tangan Batman, jadi seolah-olah Batman sedang mengaktifkan aliran listrik di sarung tangannya siap untuk bertarung dengan musuh-musuhnya. Efek listrik ini bebahan plastik lentur transparan dengan warna dasar biru, apabila dikenakan di tangan Batman cukup membuat efek tangan Batman sedang dialiri listrik, asesoris ini juga bisa digunakan di figure lainnya, seperti gambar di bawah saya memakaikannya di figure Iron man, cukup bagus kan ?


Oke sampai ke pembahasan terakhir yaitu artikulasi, untuk figure ini memiliki 14 titik artikulasi yaitu di : bagian kepala yang hanya bisa diputar ke kiri dan ke kanan tidak bisa digerakan ke atas dan ke bawah, kemudian bagian pundak menggunakan engsel jenis ball joint. Hal yang cukup mengecewakan di bagian siku yang hanya menggunakan engsel satu arah ke depan, dan tidak ada engsel di bagian tumit. Dua hal yang membedakan figure ini dengan adanya jenis engsel yang sama digunakan figure 6 inchi yaitu bagian pangkal paha (hips) yang menggunakan balljoint sehingga kakinya dapat digerakan ke depan dan ke samping, kemudian adanya engsel di bagian paha yang membuat kaki dapat diputar.  


Sebagai kesimpulan akhir menjawab pertanyaan di awal apakah dengan line ini Mattel menjawab kerinduan kolektor figure yang detail dan berartikulasi untuk karakter DC Comics, jawaban saya belum sepenuhnya terjawab bagi saya pribadi, karena masih adanya beberapa isu seperti skala figure yang masih tidak sama dengan figure ukuran 3,75 inch lainnya (bisa dilihat di foto - foto dibawah Batman masih terlihat kecil apalagi dengan ukuran kepala kecil dibandingkan dengan figure Marvel Universe keluaran Hasbro, tapi terlihat cukup pas dengan figure Robocop keluaran Jada) kemudian titik artikulasi yang saya rasa masih kurang di bagian tangan dan kaki. Tapi untuk detail saya sudah cukup puas, Mattel membawa desain figure 6 inchi dan memperkecil ukurannya menjadi 3,75 inchi (dengan sedikit kekurangan), Batman terlihat gagah dengan detail kostum dan warna yang keren dan mampu bersaing dengan figure Marvel Universe, saya berharap ini sebagai prototype awal Mattel untuk semakin memodifikasi figure-figure berikutnya (berikutnya Mattel akan merilis Batman versi Michael Keaton dan Superman versi Christoper Reeve). Untuk kolektor yang sudah menunggu lama untuk figure Batman ukuran 3,75 inchi dapat memuaskan kerinduan dengan figure-figure ini.

Sekian review saya kali ini dan sampai ketemu di review berikutnya, keep on collecting.

(Figure owned and reviewed by Stephanus)

0 Komentar: