6 Maret 2014

REVIEW SPLINTER ( TEENAGE MUTANT NINJA TURTLES ) BY PLAYMATES


06 Maret 2014 -- YO JOE...!!!

Hallo kawan... kita berjumpa kembali, untuk kali ini saya akan membahas mengenai action figure Splinter dari seri TMNT ( Teenage Mutant Ninja Turtles ) Nickelodeon tahun 2012 produksi Playmates.




Kawan tentu sudah kenal khan dengan guru dari para kura-kura ninja ini khan??? Master Splinter pertama kali saya kenal melalui film seri TMNT tahun 1987,  dia bernama asli Yoshi Hamato yang merupakan instruktur dari klan Foot berbasis di Jepang. Dia mengelana berpindah ke kota New York, setelah di usir dari klan dikarenakan difitnah membunuh Guru Dojo klan Foot oleh musuhnya Oroku Saki yang sekarang lebih dikenal dengan nama Shredder. Di kota New York dia hidup dalam selokan dan berteman dengan tikus. Suatu ketika dia menemukan 4 ekor kura-kura kecil di dekat gentong rusak yang mengeluarkan cairan berwarna pink menyala yang lebih dikenal dengan nama "mutagen" ( cairan yang dapat mengakibatkan mahkluk hidup menjadi mutan dengan mencampurkan DNA antara ke dua mahkluk hidup yang saling bersentuhan ). Splinter berusaha menyelamatkan ke 4 kura-kura tersebut dengan segera membersihkan mereka dari cairan itu menggunakan tangan kosong, pada akhirnya mengakibatkan dia terinfeksi oleh mutagen itu dan dikarenakan sering bersentuhan dengan tikus akhirnya dia berubah menjadi Manusia Tikus. ( Courtesy of en.Wikipedia.org )

Pada Seri TMNT tahun 2012, Splinter dikenalkan kembali dengan asal usul yang berbeda dari seri TMNT tahun 1987. Splinter bertempat tinggal di Jepang masih tetap dengan nama Yoshi Hamato merupakan seorang ahli ninjitsu yang memiliki seorang istri cantik bernama Tang Shen. Kemesraan pasangan suami istri tersebut mengundang api cemburu Oroku Saki sahabat Yoshi Hamato yang menaruh hati juga pada istrinya. Akhir persahabatan mereka berpuncak pada pertempuran yang membakar hangus rumah Yoshi Hamato, dan memakan korban jiwa istri dan anak Yoshi yang bernama Miwa. Setelah perisitwa itu Yoshi mengasingkan diri dengan berpindah ke kota New York. Pada saat Yoshi membeli 4 kura-kura untuk dijadikan peliharaan, diperjalanan dia tidak sengaja berpapasan dengan seseorang yang berkelakuan mencurigakan. Lalu dia mengikuti sosok tersebut, dan tenyata sosok tersebut adalah droid dari Kraang yang sedang melakukan transaksi dengan droid yang lain yang membawa sebuah kaleng berisi cairan "mutagen" . Yoshi tanpa sengaja menginjak seekor tikus sehingga menarik perhatian ke dua droid Kraang tadi dan terlibatlah mereka dalam perkelahian. Dalam perkelahian itu Yoshi menendang pecah kaleng berisi mutagen dan percikan cairan mutagen mengenai Yoshi beserta ke 4 kura-kuranya. Hasilnya mereka bermutasi, Yoshi menjadi Manusia tikus dan kura-kuranya tumbuh menjadi Manusia Kura-kura. ( Courtesy of en.Wikipedia.org )
  
Action figure Splinter dikemas dalam kemasan yang sederhana namun menarik, pada bagian belakang kemasan terdapat penjelasan secara singkat mengenai siapa itu Splinter dan terdapat katalog untuk figur lain dari seri TMNT 2012 tersebut.


Figur ini hanya dilengkapi dengan 1 buah tongkat berwarna hijau yang merupakan senjata utama Splinter, dan 1 buah aksesoris ekor yang bisa di bongkar pasang. 


Detail dari figur Splinter sangatlah akurat sesuai dengan filmnya, bisa di lihat dari tampilan jubah serta raut wajah splinter yang di cat dan sculpt dengan bagus, detail dan rapih.



Untuk artikulasi figur ini sangat minim artikulasinya, mungkin di karenakan menyesuaikan peran di film di mana Splinter ditampilkan kurang banyak melakukan aksi pertarungan.



Tinggi figur ini 4,5 inci sehingga saya dapat menyandingkannya dengan figure skala 3,75 inci saya seperti misalnya GI Joe karena pada filmnya sosok Splinter ini memiliki tinggi yang lebih daripada sosok manusia dewasa normal. Dengan pertimbangan dari detail cat, sculpt dan artikulasi pada akhir review kali ini saya akan memberikan nilai 8.5 dari 10 untuk Action figure Splinter ini. Oke kawan segera anda membelinya di toko-toko mainan terdekat sebelum kehabisan, karena pastinya anda tidak mau melewatkan untuk mengkoleksi figur yang satu ini. Akhir kata saya mohon maaf apabila ada kata-kata kurang berkenan di hati kawan-kawan sekalian, dan sampai ketemu lagi di review saya yang akan datang. Tetap Semangat... YO JOE...!!!
( Narasi dan foto oleh Edwin Yulianto Limantoro ) 
  


0 Komentar: