20 Desember 2013
Hai kembali lagi untuk review action figure, kali ini figure yang sama sekali belum dirilis secara resmi di pasaran oleh Hasbro, Winter Soldier dari film Captain America : Winter Soldier. Ukuran figure 3,75 inchi.

Secara resminya film Captain America : Winter Soldier baru akan rilis bulan Mei 2014 dan merchandise nya baru belum ada keterangan resmi kapan akan dirilis. Entah apa yang terjadi di dalam pabrik pembuatan figure Hasbro di China, tapi ada kebocoran beberapa jenis figure yang belum rilis sudah dijual di pasaran China hingga beberapa penjual menjualnya di Ebay. Saya pribadi tidak menyarankan membeli barang-barang gelap seperti ini karena ada resiko barang yang dijual merupakan barang reject tidak lolos cek kualitas sehingga ada kecacatan fisik atau cat dan tanpa asesoris, tapi juga ada beberapa barang yang kualitas nya sudah bagus, either way karena harga figure resmi yang semakin naik dan di lain pihak harga barang-barang gelap ini cukup nyaman di dompet bisa menjadi alternatif memenuhi keinginan, tapi sekali lagi saya tidak meyarankan dan tidak melarang juga (hak pribadi lah), saya cuman bisa bilang untuk berhati-hati ketika membeli barang gelap. 

Nah kembali ke figure Winter Soldier, figure ini saya beli dari seller lokal yang kebetulan ada dan saya melihat dari fotonya mantap figurenya, akhirnya saya beranikan diri membeli figure ini. Untuk detail kepala dan muka karena filmnya belum ada hanya bisa dibandingkan dengan foto preview yang ada, Winter Soldier di film menggunakan goggle dan masker muka, bisa dilihat detail muka cukup mirip (masker dan goggle nya mirip dengan masker Green Goblin 2 di film Spider-Man 3), rambut panjang di bagian belakang (mullet kata orang Amerika) cukup panjang sesuai dengan di gambar. Satu hal yang menarik ada perbedaan cat di maskernya, ada bagian warna coklat tua di antara warna hitam, cukup detail untuk figure ukuran 3,75 inchi


Untuk detail bagian badan, warna baju dasar adalah hitam, kemudian rompi coklat tua dengan satu lengan panjang, sabuk, pelindung lutut warna coklat tua dan sepatu boot warna coklat tua, lengan kiri dicat perak metal seperti tangan bionik ciri khas dari Winter Soldier. Detail rompi sangat bagus, warna dan detail kerutan menyerupai kesan berbeda dari baju dasar hitam dan berkesan seperti terbuat dari kulit, kemudian beberapa cat perak metalik untuk gesper juga tercat dengan baik sangat detail. Untuk detail cat lengan bionik cukup bagus, ada lambang bintang bewarna merah yang dicat dengan baik, satu kelemahan dari detail lengan bionik ini adalah masih terlihat bagian engsel bewarna coklat yang tidak dicat perak, sedikit kelemahan tapi tidak terlalu merusak detail.




Untuk Asesoris seperti yang saya bilang, untuk barang gelap pasti ada resikonya, untuk figure ini tidak mendapatkan asesoris sama sekali (untuk figure resmi nya pasti asesorisnya komplit), jadi saya menggunakan asesoris GI Joe yang ada. Kita sampai pada bagian yang tidak menyenangkan untuk figure ini, artikulasi. Artikulasi figure ini sangat sedikit, jadi para pecinta artikulasi banyak siap-siap saja kecewa, figure ini hanya punya 9 artikulasi. Pengurangan artikulasi ini seperti taktik Hasbro untuk menaikan harga merchandise film-film Marvel, mulai dari film The Avengers, kemudian yang paling buruk adalah Iron Man 3, kemudian ada perbaikan sedikit di Thor Dark World, dan sepertinya akan diteruskan di Captain America : Winter Soldier. Titik artikulasi hanya terdapat di kepala/leher, pundak, siku tangan, dan lutut. Tidak ada sendi di pergelangan tangan sehingga Winter soldier tidak akan dapat memegang senapan dengan dua tangan (saya sudah coba, tidak berhasil sama sekali, yang bisa dilakukan menggunakan asesoris seperti pistol, senapan mesin kecil yang dapat dipegang satu tangan saja), kemudian tidak ada artikulasi di dada atau bagian pinggang (mungkin supaya lebih detail di bagian dada dan perut? entahlah), dan tidak ada artikulasi di bagian tumit/pergelangan kaki. 


Untuk catatan terakhir figure -figure dari movie kelihatannya semakin pendek, bisa dilihat di foto di bawah, perbandingan dengan figure Marvel Universe Steve Rogers terlihat lebih pendek, dan foto berikutnya dengan figure The Avengers movie Captain America terlihat lebih seimbang. 

Sebagai kesimpulan figure-figure Captain America : Winter Soldier ini memang belum bisa dibilang jelek atau bagus karena belum dirilis secara resmi, tapi dari figure ini saya bisa melihat belum adanya perbaikan kualitas dari Hasbro, pengurangan artikulasi yang sangat mengganggu saya tapi untuk detail saya beri jempol untuk figure ini. Bagi yang mau mengkoleksi figure-figure line ini saya menyarankan Winter Soldier dan Red Skull, untuk figure Captain America nya sendiri saya tidak menyarankan untuk membelinya kecuali anda kolektor yang komplitis, saya tidak akan membahas tentang figure Captain America di lain waktu. Terima kasih sudah membaca review saya, sampai ketemu di review berikutnya.

(Reviewed by Stephanus)







0 Komentar: