17 Januari 2014
Fresh from the oven, saya baru saja mendapatkan figure baru Marvel Legends Infinite Marvel Now! Captain America ukuran 6 inchi produksi dari Habsro, dan langsung saja saya review. Seri ini juga merupakan bagian dari merchandise film Captain America Winter Soldier.



Captain America versi Marvel Now! merupakan karakter yang sama yaitu Steve Rogers, di salah satu cerita komik Avengers Captain America mengalami luka-luka dan kerusakan kostumnya ketika bertempur dengan musuh baru Avengers, sehingga dia harus mengupgrade kostumnya, motif sebenarnya sih supaya Marvel Comics bisa mendesain ulang kostum Capt Steve Rogers yang sudah 70 tahun tidak berubah, perubahan ini juga dipengaruhi kostum dari film Captain America First Avengers dan The Avengers.



Di luar dari kebiasaan saya yang kolektor non-MOC (selalu membuka figure dari kemasannya, MOC = Mint On Card kondisi figure masih di dalam kemasannya), saya mau menshare tentang kemasan dari figure ini, berita cukup bagus bagi kolektor figure MOC Hasbro membuat desain kemasan yang dapat dibuka kemudian figure bisa dimasukan kembali ke dalam kemasannya, ukuran kemasan jauh lebih kecil dari kemasan figure 6 inchi Hasbro yang terdahulu. Sangat eye catching ada tutup plastik bening yang cukup jelas sehingga kita dapat melihat display figurenya hanya sedikit kekurangan pada tulisan judul karakter figure yang ada di paling bawah kurang besar font nya, tapi ya bukan sesuatu yang mengganggu bagi penggemar. Melihat dari desain kemasan baru ini sepertinya Hasbro lebih mengarahkan figure ini untuk kolektor bukan untuk sekedar mainan anak-anak. 


Nah mulai untuk review figure nya, wow figure nya kelihatan gagah, sebelum figurenya rilis sempat ada bocoran foto produk yang terlihat badannya kecil dengan kepala yang besar, saya sempat cemas karena saya sudah pre-order, tapi untungnya produk riil nya bagus. Proporsi besar badan dan anggota badan terlihat cocok tidak ada kelainan. Satu hal yang dari kurang hanya kaki kiri nya yang agak bengkok, mungkin ini hanya defect di figure milik saya karena bahan plastik di kaki kirinya agak mengembang sedikit, but I can live with that. Untuk bagian lain tidak ada masalah, sendi artikulasinya kencang, Capt dapat berdiri tegak tanpa memerlukan standbase.      


Kemudian kita lihat upgrade apa saja di kostum ini, pertama adalah bagian kepala, kostum lama Capt menggunakan topeng kain yang menyambung ke kostumnya, untuk upgradenya sekarang Capt menggunakan helm terpisah dari kostum. Desain ini meniru dari kostum film Captain America First Avengers, untuk bagian kepala detail helm sangat bagus terlihat jelas cat huruf A warna putih dengan gambar sayap burung di samping kiri dan kanan, bagian ini tercat dengan baik dan detail, kemudian di bagian dagu terdapat tali pengikat helm. Raut muka Steve Rogers terlihat jelas dan detail, telihat raut muka yang tegas dan sorot mata yang tajam seperti Capt di komik. Bagi yang memiliki figure Commander Steve Rogers mungkin bisa menggunakan kepalanya sebagai pengganti. 

Modifikasi kostum berikutnya adalah di bagian badan, terlihat Capt menggunakan dua lapis kostum, di bagian dalam dia menggunakan kostum bahan kain dan kemudian dia menggunakan lapisan luar body armor, seperti bisa dilihat di gambar di bawah sebelah kiri terlihat jelas detail tali bahu pengikat armor nya kemudian di figure ini detail armornya terbentuk dengan jelas dan detail setiap bulatannya. Kemudian perubahan ada di sarung tangan dan sepatu, salah satu teman baik saya pernah mengatakan pada saya kalau dia paling malas melihat kostum original Capt yang mirip kostum bajak laut, di sarung tangan dan sepatu boot terdapat lapisan yang mengembang jadi seperti sepatu dan sarung tangan yang dipakai bajak laut eropa abad ke-18, tapi baru sekarang setelah 70 tahun kemudian dirubah sekarang sarung tangan dan sepatu boot Capt terlihat lebih modern tidak ada lapisan yang mengembang lagi, dan di bagian kaki ditambahan knee pad jadi lebih terlihat seperti kostum militer modern tapi tetap bewarna merah. Entah sampai kapan perubahan ini bakal bertahan, tapi it looks great for me.



Untuk asesorisnya Capt hanya perlu satu yaitu Shield nya, perisai ini sama seperti perisai dari Marvel Legend Captain America Heroic Age dan Ultimate Captain America, bentuk dan besar yang sama hanya sedikit di cat lebih mengkilat, kemudian di baliknya ada capitan dan pasak yang dapat didigerakan ke atas dan ke bawah. Capitan digunakan untuk dicapitkan ke pergelangan tangan Capt supaya Capt terlihat sedang memegang perisainya, sedangkan pasak dapat di masukan ke lubang yang ada di bagian punggung Capt sehingga terlihat Capt membawa perisainya di punggung seperti ransel.


Untuk artikulasi figure ini memiliki 24 titik artikulasi,yang merupakan artikulasi standard seri Marvel Legends, sendi artikulasi untuk figure ini kencang, Capt dapat berdiri tegak dan mantap tanpa menggunakan stand base, untuk figure karakter yang tidak bisa terbang sendi artikulasi di leher bisa membuat kepala Capt terangkat cukup tinggi. Figure ini sepertinya dibuat Hasbro untuk menggantikan figure Captain America face-off buatan Toybiz tapi kekurangannya adalah tidak adanya sendi artikulasi di jari tangan Capt, di figure ini tangan Capt terkepal dan satu tangan sedikit terbuka.


Sebagai kesimpulan buat saya penggemar Captain America figure ini layak di koleksi karena ini versi terbaru dan terbaik saat ini untuk Captain America, hanya sedikit kekurangan di kaki kiri tapi tidak terlalu masalah buat saya. Figure ini juga bisa jadi penghiburan bagi kolektor MOC tapi gatal ingin membuka kemasannya, figure ini bisa dibuka dan dikembalikan ke dalam kemasannya, so gak perlu sampai beli dua figure. Sekian review ini and keep collecting.

(Reviewed and owned by Stephanus)

0 Komentar: